27 May 2021

Permasalahan Seputar Sakit Pinggang dan Saraf Terjepit

Penyakit sakit pinggang atau hernia nukleus pulposus (HNP) adalah penyakit yang terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. Saraf terjepit paling sering terjadi di lumbal. Sedangkan low back pain atau sakit pinggang adalah sakit pada punggung bagian bawah. Penderita sakit pinggang bisa mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

Sakit pinggang dapat muncul saat terjadi keseleo yang disebabkan karena struktur anatomi yang robek, atau otot/ligamen yang robek. Selain itu, olahraga yang bersifat high impact seperti basket dan badminton juga rentan menyebabkan sakit pinggang. Namun, kurang berolahraga juga dapat memperbesar peluang sakit pinggang ketika beraktivitas. Maka disarankan untuk melakukan aktivitas yang memperkuat otot-otot di sekitar perut dan sekitar pinggang bawah.

Nyeri saraf terjepit yang terjadi di pinggang, sangat mungkin menjalar ke kaki. Nyeri karena saraf terjepit akan menjalar ke bawah, tidak mungkin menjalar ke atas. Pada ibu hamil, sakit pinggang umumnya wajar dialami karena perubahan hormonal. Sebelum melahirkan, tubuh ibu mempersiapkan tulang panggul menjadi lebih lebar dan persendian di sekitar jalan lahir lebih stretchable agar bayi dapat lahir dengan baik.

Temukan solusi dari keluhan sakit pinggang dan saraf terjepit di video berikut! [JAW_HL]