16 September 2021

Pos Indonesia: Dulu dan Sekarang!

Dulu kuda adalah alat transportasi tercepat yang pernah ada. Mereka bisa berlari 15 sampai 20 kilometer per jam. Namun di jaman sekarang kecepatan kuda kalah jauh dengan kecepatan mobil balap yang bisa mencapai 200 kilometer per jamnya. Dunia berubah! Apa yang dulu kita anggap terbaik, sekarang menjadi tidak relevan lagi. Perubahan terjadi semakin cepat dan kita harus berubah.

Itulah yang terjadi kalau kita mendengar Pos Indonesia. Di memori kita masih teringat seorang tukang pos yang naik sepeda kayuh sembari membunyikan bel sepedanya sebagai tanda ada kiriman surat untuk kita. Atau Anda ingat dengan wesel pos atau bis surat yang ada di setiap ujung jalan tempat kita menitipkan sebuah pesan kepada seorang kawan.

Itu adalah gambaran Pos jaman dulu. Sekarang kantor Pos Indonesia yang berusia 276 tahun sudah bertransformasi menjadi perusahaan BUMN yang ramah dengan dunia digital. Anda bisa bayangkan. Pos Indonesia saat ini memiliki jaringan Kantor Pos Online sebanyak 3.800 di seluruh Indonesia yang dilengkapi dengan electonic mobile pos. Semua titik-titik ini merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

Transformasi digital telah membawa PT. Pos Indonesia punya wajah yang berbeda dalam pelayanan kepada masyarakat. Kerja keras inilah yang membawa Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama Pos Indonesia, meraih Penghargaan CEO Terbaik Driving Transformation 2021 dalam ajang Anugerah BUMN 2021 setelah meraih The Best Chief Executive Officer (CEO) For Digital Transformation 2021 dan The Best Digital Transformation 2021 di Penghargaan Pencapaian Kinerja dan keberhasilan dalam Transformasi Digital BUMN.

Pandemi telah memaksa Pos Indonesia untuk mengubah model bisnis dan mengembangkan digitalisasi secara massif dan cepat. PT. Pos Indonesia menetapkan tahun 2021 sebagai tahun “turn around.” Oleh karena itu, Pos Indonesia mulai menjalankan transformasi yang mencakup transformasi bisnis, produk dan layanan, proses operasi, teknologi, sumber daya manusia, organisasi dan budaya perusahaan.

Jadi jangan bayangkan lagi pos indonesia seperti dulu! Kini Pos Indonesia siap melayani kebutuhan Anda / dengan pelayanan yang relevan dengan jaman!

Ikuti media sosial Radio Heartline FM Tangerang: