02 July 2021

PPKM Darurat, Pemerintah Percepat Distribusi Kartu Sembako

Pemerintah akan mendorong percepatan distribusi Kartu Sembako senilai 200 ribu Rupiah per bulan. Hal tersebut dilakukan terkait dengan pelaksanaan PPKM Darurat yang akan diberlakukan tanggal 3 – 20 Juli 2021.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana anggaran Kartu Sembako tahun 2021 sebesar 42.37 Triliun Rupiah dengan target 18.8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Saat ini, realisasi penyaluran Kartu Sembako baru mencapai 15.9 juta KPM. Hingga Juni 2021, anggaran yang terserap sudah mencapai 17.75 Juta Rupiah.

Jadi masih ada ruang hamper 3 juta KPM yang bisa diberikan Kartu Sembako sebesar 200 ribu Rupiah per bulan. Pada saat PPKM Darurat, kita meminta Kementerian Sosial untuk segera mencapai 18.8 juta KPM,” papar Menteri Keuangan saat Konferensi Pers secara virtual, Jumat (02/07).

Lebih lanjut, Menteri Keuangan menjelaskan bahwa ia sudah berkoordinasi dengan 3 Menteri Koordinasi untuk mempercepat penyaluran Kartu Sembako tersebut. Pasalnya, menurut Sri Mulyani, anggarannya sudah tersedia, hanya mungkin masih di bawah target APBN.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengataka bahwa ia telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat sekaligus memastikan penyaluran berbagai bentuk bantuan sosial.

Selain Program Kartu Sembako, bantuan sosial yang sudah tersedia lainnya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta KPM, dan perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST) program Mei-Juni untuk 10 Juta KPM.

Yang paling utama agar masyarakat yang paling terdampak, yaitu mereka yang ada di lapisan terbawah bisa terbantu dengan adanya bansos yang akan digulirkan nanti,” ujar Muhadjir. (yp)