16 June 2021

Alami Kaku pada Bahu? Ini Penyebabnya!

Adhesive capsulitis atau yang kita kenal dengan frozen shoulder (bahu kaku) merupakan gangguan pada sendi bahu. Rasa kaku dan nyeri pada sekitar bahu menjadi gejala utamanya. Secara keseluruhan terdapat 3 fase frozen shoulder, yaitu freezing, frozen dan thawing. Fase nyeri (freezing) umumnya berlangsung sekitar 1 hingga 9 bulan. Fase kaku (frozen) terjadi kurang lebih selama 5 hingga 9 bulan. Dan jika terjadi improvement, penderitanya memasuki fase pemulihan (thawing) yang biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 3 tahun.

Pemicu frozen shoulder yang paling sering adalah peradangan yang sifatnya ringan hingga sedang, berlangsung secara berkepanjangan, akumulatif, dan persisten.

Peradangan tersebut memicu proliferasi fibroblastik (perlengketan di dalam persendian bahu), sehingga terbentuk jaringan yang tidak semestinya ada, ini mengakibatkan penderita merasakan kaku pada bahu. Kekakuan tersebut akhirnya membatasi range of motion (ruang gerak) si penderita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Ketahui treatment penyembuhan yang tepat bersama dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT (K) di video berikut, ya! [JAW_HL]