29 May 2021

Belajar Memahami Kebutuhan Dasar Suami dan Istri

Di tengah maraknya kisah perselingkuhan dalam pernikahan, sebenarnya memang ada penyebab yang memicu keinginan suami atau istri untuk berselingkuh. Marital affair atau perselingkuhan sangat mungkin disebabkan karena tidak terpenuhinya emotional needs dan/atau basic needs suami maupun istri. Biasanya disebabkan oleh tidak tepatnya komunikasi untuk mengutarakan kebutuhan masing-masing, sehingga berasumsi apa yang selama ini dilakukan sudah benar.

Menurut survei penelitian, secara psikologis kebutuhan dasar seorang istri adalah kasih sayang (affection). Sedangkan, kebutuhan dasar seorang suami adalah sexual fulfillment (pemenuhan kebutuhan seksual).

Hingga kini, topik kebutuhan dasar tersebut enggan dibicarakan lebih lanjut dalam pernikahan, karena masih dinilai tabu bagi masyarakat luas. Padahal, justru agar tanki cinta (love tank) pernikahan harus tetap diisi. Kebutuhan dasar antara suami dan istri harus senantiasa dipenuhi.

Pemicu lain yang juga memudarkan ikatan pernikahan adalah tidak menjadi diri sendiri ketika berpacaran. Umumnya saat berpacaran, banyak pria dan wanita yang masing-masing berusaha menjadi sosok yang diharapkan pasangannya, sehingga cenderung tidak menunjukkan karakter aslinya. Ini menyebabkan pasangan suami istri kehilangan excitement yang dirasakan saat pacaran setelah mengetahui sosok asli pasangannya. Benar, ini adalah konsekuensi memakai topeng saat berpacaran.

Apa penyebab lain dari perselingkuhan? Bagaimana cara tepat memahami kebutuhan suami dan istri? Mari simak solusi selengkapnya di video berikut! [JAW_HL]