02 June 2021

Tips Menentukan Jurusan Akademik bagi Anak

Membuat keputusan dalam menentukan sebuah jurusan kuliah harus dipertimbangkan secara matang dari banyak aspek, mulai dari minat, bakat serta prospek dan peluang kerja di jurusan yang dipilih. Jurusan di perkuliahan tentu saja memiliki persentase cukup besar dalam menentukan seperti apa masa depan si anak. Minat dan bakat adalah salah satu penentu terpenting untuk memilih jurusan kuliah.

Minat dan bakat tidaklah sama. Minat mengarah pada preferensi atau kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu yang ditemukan dan ditekuni seseorang saat menjalani kehidupannya. Sedangkan, bakat merupakan kemampuan yang sudah ada sejak lahir.

Menentukan jurusan kuliah bukanlah sesuatu yang sederhana, khususnya bagi mereka belum mengetahui apa minat dan bakatnya. Dalam hal ini, orang tua harus menolong anak dalam mengeksplorasi dua hal tersebut.

Cita-cita anak untuk menjadi profesi tertentu sangat bersifat fluktuatif hingga anak berada di sekolah dasar. Oleh karena itu, para orang tua dituntut menjadi kreatif untuk menjelaskan dan menunjukkan kepada anak beberapa jenis profesi, misalnya ketika menemui dokter saat berobat, menjumpai pilot saat menaiki pesawat, dan lainnya. Sangat tidak dianjurkan bagi orang tua untuk memaksakan kehendaknya dituruti si anak. Bagaimana orang tua dan anak menghadapi hal ini? Bagaimana anak mengetahui jurusan akademik yang tepat? Simak selengkapnya di video berikut! [JAW_HL]