23 June 2021

Wasir, Haruskah Dioperasi?

Wasir atau hemoroid merupakan bantalan (cushion) yang berada di daerah anus dan membantu manusia ketika BAB. Salah satu permasalahan pada wasir adalah bengkak yang diakibatkan oleh adanya tekanan yang sangat besar dari atas ke bawah. Tekanan ini membuat aliran darah tertahan. Sering mengejan terlalu kuat dan lama, sering mengangkat beban, dan sering mengayuh terlalu kuat merupakan beberapa penyebab yang paling sering ditemui.

Berdasarkan kategori usia, wasir lebih sering dialami pada usia muda hingga dewasa lanjut. Hasil penelitian juga mengungkap bahwa wanita lebih banyak mengalami wasir dibandingkan pria.

Untuk mencegah wasir, olahraga apa pun sangat disarankan untuk mengendalikan berat badan. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang menemukan bahwa mereka yang obesitas lebih rentan terkena wasir. Jika seseorang sudah terkena wasir, olahraga angkat beban dan olahraga lain yang meningkatkan tekanan di perut yang tinggi harus dihindari.

Ada 2 jenis wasir, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir luar berada di kulit dan terasa lebih nyeri dibandingkan dengan wasir dalam. Orang-orang dengan penyakit wasir luar jarang mengalami wasir yang berdarah. Sedangkan wasir dalam merupakan wasir yang tidak dapat dilihat (tidak teraba). Wasir dalam dikategorikan menurut 4 grade, tingkat yang pertama ditandai ketika ada darah yang ikut keluar bersamaan dengan BAB.

Bagaimana penjelasan wasir dalam dengan 3 grade lainnya? Adakah treatment penyembuhan selain operasi? Simak selengkapnya di video berikut, ya! [JAW_HL]